Sabtu, 26 Januari 2013

Aircraft rescue firefighting - we need a new perspective

Dengan deregulasi industri penerbangan, outsourcing perawatan pesawat dan armada pesawat tua, ada kekhawatiran yang sangat nyata tentang keselamatan penerbangan internasional, terutama di negara-negara kurang berkembang.

Sejak tragedi 11 September banyak dana AS untuk keselamatan publik telah disalurkan jauh dari layanan kesiapan dan perencanaan kebakaran dan arah kontra-terorisme dan Senjata Pemusnah Massal.
Namun, badai baru-baru yang melanda New Orleans dan Teluk AS pantai menggambarkan bahwa bahkan rencana darurat terbaik pemerintah untuk manajemen bencana-bencana mungkin tidak sebanding dengan kertas yang mereka tulis - kecuali mereka realistis dan dapat dilaksanakan mulus.
Hal yang sama berlaku untuk perencanaan darurat dan respon untuk kecelakaan pesawat di dalam maupun di luar bandara, meskipun biasanya insiden lebih lokal yang mungkin hanya memerlukan respon lokal, regional atau seluruh negara bagian. Namun, karena peristiwa di New Orleans tergambar jelas, bahkan manajemen bencana lokal dan negara berencana gagal total selama hari-hari pertama kritis setelah bencana melanda.

KEBUTUHAN UNTUK MENGKOORDINASIKAN

Ketika kecelakaan pesawat besar terjadi tidak ada kesempatan kedua untuk menyelamatkan nyawa. Keadaan darurat harus dicegah melalui perencanaan yang tepat dan pelatihan. Ingat pepatah ini, "Gagal untuk merencanakan berencana untuk gagal."

Tidak ada lembaga darurat tunggal yang merespon secara efektif dapat mengkoordinasikan semua aspek dari bencana kecelakaan udara utama. Sebuah upaya terpadu diperlukan. Sebaliknya, semua instansi harus menanggapi 'menyanyi dari buku nyanyian yang sama' - yang berarti bahwa mereka semua harus memahami dan melaksanakan Sistem Komando Insiden- Incident Command System (ICS). Jika tidak, komunikasi cepat akan memecah mengakibatkan kurangnya koordinasi dan kebingungan.

KENDARAAN ARFF

Penyelamatan dan pemadam kebakaran peralatan untuk pemadam kebakaran pesawat penyelamatan (ARFF), khususnya kendaraan pemadam kebakaran Bandara , telah berkembang pesat selama bertahun-tahun. Meskipun ada banyak produsen kendaraan ARFF di seluruh dunia, para pemimpin di industri - Oshkosh Truk.Inc dan Rosenbauer (Austria) - telah memproduksi kendaraan pertolongan kecelakaan bandara yang inovatif.

Produk Oshkosh Truck Corporation terbaru 'STRIKER', sekarang terlihat di banyak bandara di seluruh Amerika Serikat. The Austria berbasis Rosenbauer AG anak perusahaan AS, Rosenbauer Amerika, telah membuat langkah ke pasar kendaraan ARFF Amerika dengan penjualan cepat dari perusahaan PANTHER '4X4 dan seri 6X6 kendaraan. Pada INTERSCHUTZ '05 Rosenbauer AG baru ini memperkenalkan generasi baru 'PANTHER MA-5' yang dirancang untuk menawarkan kabin operator yang lebih luas dan lebih friendly, serta desain chassis ramping yang baru. Selain itu, prototipe baru RM45AR dengan turret busa/air berkapasitas tinggi. Dengan konfigurasi desain yang sederhana dan menawarkan fleksibilitas turret lebih dari yang lain.

Namun ada, produsen kendaraan ARFF yang unik berbasis di AS, Colet SVD (NewYork, California) yang memiliki motto; 'Kualitas, bukan kuantitas'. Dengan produknya ARFF 'en-masse,' mobil pemadam kebakaran bandara itu dibangun dirancang untuk spesifikasi teknologi tinggi: mereka kendaraan ARFF tercepat saat bermanuver di pasar saat ini.

Colet baru-baru ini menyelesaikan pesanan kendaraan ARFF 'JAGUAR' K-30R 3000 Galon 6x6 ke Pabrik Militer AS 42, dan 1500 galon sipil K-15S 'JAGUAR' 4x4 ke Bandara internasional Milwaukee. Seorang petugas pemadam kebakaran dari Bandara Internasional Los Angeles yang mengendarai K-30R JAGUAR 6X6 kendaraan berkomentar:
"Truk ini dapat dikendarai dengan cara yang tepat dan padat. Kemudi ini begitu tepat. Kendaraan ini memiliki suspensi dan sasis seperti milik sedan sport tersetel. Saya juga dapat memberitahu Anda bahwa itu melebihi apapun (Kendaraan ARFF) 8x8 di luar sana ".

Seorang petugas pemadam kebakaran dari Milwaukee International Airport juga mengomentari-15S K baru: "The K-15 drive seperti mobil. Ini cepat, cepat dan bermanuver. Radius putar ketat luar biasa. Pusat gravitasi rendah memberikan terasa mantap "Colet SVD sekarang memiliki beberapa 'high profile' lainnya berlangsung kontrak yang pasti akan membangkitkan minat dari calon pembeli lainnya kendaraan ARFF internasional..

BERALIH KE ALAT

Peralatan penanganan keselamatan sangat penting untuk menyelamatkan korban dan memulihkan orang mati. Saat ini beberapa alat keselamatan yang dijual di pasara dirancang untuk menjadi lebih ringan, kuat dan portabel. Hampir semua dari alat-alat tadi dapat digunaka untuk membantu petugas penyelamat kecelakaa pesawat dalam beberapa kapasitas.
Petugas pemadam kebakaran dan penyelamat harus menyadari dan mengakui bahaya dari konstruksi pesawat terbang, sistem pesawat, dan bagaimana melakukan teknik pesawat pelepasan yang benar sebelum operasi dilakukan. Operasi penyelamat serampangan di pesawat terbang dapat mengakibatkan cedera serius pada korban dan regu penyelamat.

Pesawat super besar saat ini Airbus A380, telah menyoroti beberapa masalah lain seperti bagaimana petugas penyelamat mampu dengan cepat mengakses pesawat untuk pemadam kebakaran di dalam kabin pesawat.
Walaupun ada beberapa bandara di Eropa yang beroperasi kendaraan khusus dirancang untuk tujuan ini, sebagian besar bandara internasional tidak. Ada studi komite yang sedang berlangsung yang dilakukan oleh sebuah organisasi dalam hal menentukan kriteria desain untuk kendaraan pemadam kebakaran khusus untuk tujuan ini.

Sementara itu adalah konsep yang valid dan kebutuhan, banyak negara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada, tidak memerlukan 'penyelamatan' interior pesawat penumpang pesawat terperangkap dalam persyaratan responARFF. Fakta lain yang lebih penting adalah bahwa banyak bandara hanya memiliki personil pemadam kebakaran dengan jumlah minimum, kadang-kadang hanya satu petugas pemadam kebakaran per kendaraan. Biaya versus penggunaan praktis terbatas seperti kendaraan khusus adalah pertimbangan lain yang dapat menghalangi mandat ini sebagai syarat.

Banyak dari Lembaga yang mengeluarkan aturan tentang bandara internasional tampaknya lupa bahwa keselamatan kebakaran pesawat dimulai di darat. Di darat, landasan perlindungan kecelakaan pasif diperlukan untuk mencegah kecelakaan terjadi di tempat yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar